Senin, 02 April 2012

contoh latihan soal geografi


Pilihan ganda :
1.      Manfaat cagar alam dan suaka margasatwa adalah untuk . . . . .
a.       Keperluan ilmu pengetahuan
b.      Bidang pariwisata
c.       Melindungi binatang tertentu agar tidak punah
d.      Sumber produksi
e.       Sumber alam

2.      Jenis-jenis hewan yang tidak trdapat di Indonesia bagian barat maupun di Indonesia bagian timur adalah sebagai berikut, kecuali  . . . . . .
a.       Anoa
b.       Babi rusa bercula satu
c.       Bavian
d.      Komodo
e.       Kijang

3.      Yang termasuk lingkungan abiotik adalah . . . .
a.        Udara, tanah dan air
b.      Udara, tanah dan tanaman
c.       Tanah, air dan hewan
d.      t anaman, hewan dan air
e.       tanah, batuan dan ikan

4.      Hutan-hutan di daerah pegunungan menyebabkan udara segar dan nyaman. Fungsi semacam ini disebut . . . . .
a.       Fungsi hidrologis
b.      Fungsi srategis
c.       Fungsi estetis
d.      Fungsi klimatologis
e.       Fungsi orologis
5.      Gejala alam di permukaan bumi yang terbentuk karena pengaruh iklim terhadap hutan di Indonesia aalah . . . . .
a.       Jenis tumbuhannya heterogen
b.      Sangat lebar sehingga susah ditembus sinar matahari
c.       Mengandung jenis kayu yang berkualitas tinggi
d.      Merata diseluruh kepulauan Indonesia
e.       Jenis tumbuhannya homogeny

6.      Keadaan hutan-hutan di Indonesia berbeda dari barat ke timur. Secara umum, keadaan hutan bagian barat ke timur adalah . . . . . .
a.       Stepa – hutan hujan tropis – sabana
b.      Rimba – sabana – musim
c.       Hutan hujan tropis – musim – sabana
d.      Hutan hujan tropis – sabana - musim
e.       Stepa – hutan musim – sabana

7.      Hewan di Indonesia bagian barat mempunyai cirri-ciri sebagai berikut, kecuali . . . . .
a.       Berbadan besar-besar
b.      Banyak jenis kera
c.       Tidak terdapat burung jenis kasuari
d.      Tidak terdapat binatang berjenis berkantong
e.       Burung berwarna banyak

8.      Sebagian hutan besar di Indonesia termasuk hutan tropis, yang memiliki sifat . . . . .
a.       Pohonnya sama tinggi
b.      Daunnya kecil-kecil
c.       Sinar matahari dapat masuk kedaerah hutan
d.      Tidak terdapat pohon panjat
e.       Hutannya lebat dan selalu berdaun hijau

9.      Yang bukan termasuk indentifikasi konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya adalah kegiatan . . . . . .
a.       Pemanfaatan secara lestari
b.      Pengawetan keanekaragaman tanaman dan ekosistimnya
c.       Pengawetan keanekaragaman hewan dan ekosistimnya
d.      Perlindungan ekosistim penyangga kehidupan
e.       Optimalisasi pencarian lokasi industri melalui kegiatan AMDAL

10.  Cagar alam di Sumatra utara terdapat di daerah . . . ..
A.    Sibolangit
B.     Rimbo panti
C.     Cibodo
D.    Medan
E.     Sigli

11.  kemampuan lingkungan untuk sumber daya alam untuk mengasimilasi zat pencemar serta ketegangan sosial dimana memiliki keterbatasan.  Hal tersebut merupakan pengertian . . . . . .
a.       daya dukung lingkungan
b.      daya guna lingkungan
c.       daya pengrusak lingkungan
d.      daya lingkungan hidup
e.       derajat suatu lingkungan

12.  kerusakan lingkungan hidup karna peristiwa alam sebagai berikut, kecuali . . . . . .
a.       letusan gunung api
b.      gempa bumi
c.       badai siklon
d.      kerusakan hutan
e.       gelombang tsunami

13.  sampah yang menumpuk akan berdampak . . . . .
a.       tiiidak mengandung bibit penyakit
b.      menyebarkan bau yang enak
c.       dapat memperlancar aliran air
d.      mengandung bahan kimia beracun
e.       menguntungkan masyarakat

14.  berikut ini bkan merupakan sumber gas rumah kaca . . . . .
a.       asap kendaraan bermotor
b.      asap pabrik
c.       asap pembakaran sampah/hutan
d.       limbah cair industri
e.       Asap dari dapur rumah-rumah penduduk

15.  manfaat lapisan ozon adalah . . . . .
a.       pengantar gelombang radio
b.      menyerap sinar ultraviolet dari matahari
c.       tempat pembuangan asap
d.      menciptakan proses cuaca
e.       tempat satelit beroprasi


16.  latar belakang adanya kebijakan AMDAL adalah . . . . . .
a.       reaksi masyarakat eropa terhadap kemajuan industry
b.      reaksi masyarakat eropa terhadap kerusakan lingkungan terhadap aktifitas manusia
c.       reaksi masyarakat asia terhadap industri di eropa
d.      reaksi semua Negara di dunia tentang pentingnya suatu industri
e.       reaksi bangsa afrika terhadap industri di eropa

17.  berikut ini peroses AMDAL, kecuali . . . . . .
a.       pengelolaan lingkungan
b.      pemantauan lingkungan
c.       pengelolaan proyek
d.      tidak mengambil keputusan
e.       dokumen yang penting
18.  alat pemerintah yang memutuskan apakah proyek yang diusulkan perlu AMDAL atau tidak disebut. . . . .
a.        studi penyajian informasi lingkungan
b.       studi pengelolaan lingkungan
c.       Studi mengenai dampak lingkungan
d.      Studi penanganan masalah lingkungan
e.       Studi kelayakan industri

19.  salah satu manfaat AMDAL bagi pemerintah adalah . . . . . .
a.       munculnya pertentangan dari masyarakat terhadap suatu proyek
b.      manfaatnya tidak jelas bagi masyarakat
c.       menghindarkan perusakan lingkungan hidup
d.      suber daya alam semakin rusak
e.       bukan alat pengambil keputusan pemerintah

20.  perhatikan pernyataan di bawah ini.
1.      Menghindari duplikasi proyek yang sama.
2.      Dapat mengetahui rencana pembangunan di daerahnya.
3.      Meningkatkan keterampilan di dalam penelitian dan pengetahuan.
4.      Kegunaan di dalam analisis kemajuan IPTEK.
5.      Berguna untuk kepentingan penelitian.
Yang merupakan kegunaan AMDAL bagi pemilik modal, masyarakat, dan peneliti/ilmuan ditunjukan oleh . . . . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 3, dan 4
c.       2, 3, dan 4
d.      1, 4, dan 5
e.       3, 4, dan 5



Pilihan ganda :

1.      Keadaan hutan-hutan di Indonesia berbeda dari barat ke timur. Secara umum, keadaan hutan bagian barat ke timur adalah . . . . . .
a.       Stepa – hutan hujan tropis – sabana
b.      Rimba – sabana – musim
c.       Hutan hujan tropis – musim – sabana
d.      Hutan hujan tropis – sabana - musim
e.       Stepa – hutan musim – sabana

2.      Hewan di Indonesia bagian barat mempunyai cirri-ciri sebagai berikut, kecuali . . . . .
a.       Berbadan besar-besar
b.      Banyak jenis kera
c.       Tidak terdapat burung jenis kasuari
d.      Tidak terdapat binatang berjenis berkantong
e.       Burung berwarna banyak

3.      Sebagian hutan besar di Indonesia termasuk hutan tropis, yang memiliki sifat . . . . .
a.       Pohonnya sama tinggi
b.      Daunnya kecil-kecil
c.       Sinar matahari dapat masuk kedaerah hutan
d.      Tidak terdapat pohon panjat
e.       Hutannya lebat dan selalu berdaun hijau

4.      Yang bukan termasuk indentifikasi konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya adalah kegiatan . . . . . .
a.       Pemanfaatan secara lestari
b.      Pengawetan keanekaragaman tanaman dan ekosistimnya
c.       Pengawetan keanekaragaman hewan dan ekosistimnya
d.      Perlindungan ekosistim penyangga kehidupan
e.       Optimalisasi pencarian lokasi industri melalui kegiatan AMDAL

5.      Cagar alam di Sumatra utara terdapat di daerah . . . ..
a.       Sibolangit
b.      Rimbo panti
c.       Cibodo
d.      Medan
e.       Sigli

6.      Alam dan kehidupan manusia senantiasa saling mempengaruhi. Berikut yang merupakan contoh pengaruh manusia terhadap alam adalah . . . . . . .
a.       Manusia membangun bendungan sehingga musim kemarau dapat mengairi sawah
b.      Masyarakat dapat melakukan jual beli

7.      Penyebab makin tingginya tingkat kerusakan hutan lindung dan hutan produksi di Indonesia adalah . . . . . .
a.       Karena curah hujan
b.      Penebangan liar
c.       Adanya penebangan kayu secara mekanis dengan menggunakan peralatan canggih
d.      Pergantian musim yang menyimpang dari pola musim
e.       Penebangan hutan secara resmi oleh pemerintah

8.      Berikut yang merupakan  sumber daya alam yang dapat diperbarui  . . . . . .  . .
a.       Sinar matahari
b.      Minyak bumi
c.       Udara
d.      Emas
e.       Padi dan jagung

9.      Sebelum dilakukan penambangan, lebih dahulu dilakukan penelitian atau penyelidikan yang disebut . . . . . . .
a.       Eksploitasi
b.      Eksplorasi
c.       Ekspedisi
d.      Ekstradisi
e.       Eksternalisasi

10.  Berikut bukan manfaat yang dapat di eksploitasi dari sumber daya air adalah untuk . . . . . .
a.       Kegiatan pariwisata
b.      Tujuan telekomunikasi
c.       Pembangkit tenaga listrik
d.      Sarana penelitian
e.       Kebutuhan air minum


11.  Pembangunan berwawasan lingkungan artinya pembangunan yang . . . . . .
a.       Mempertimbangkan segi-segi kehidupan dan menghindari pencemaran dan kerusakan
b.      Mengutamakan pendayagunaan dan hasil
c.       Mengutamakan kesehatan
d.      Mengutamakan keindahan dan kemegahan
e.       Mengutamakan efisiensi dan efektifitas

12.  Kesatuan ruang dengan benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya, adalah pengertian lingkungan hidup menurut . . . . . .
a.       UU RI Nomor 23 tahun 1997
b.      UU RI Nomor 23 tahun 1987
c.       UU RI Nomor 23 tahun 1977
d.      UU RI Nomor 23 tahun 2002
e.       UU RI Nomor 23 tahun 1992

13.  Untuk mengatasi bahaya banjir di beberapa kota besar di Indonesia, kita kita dapat melakukan upaya-upaya berikut, kecuali . . . . . .
a.       Pembuatan kincir pembuangan
b.      Reboisasi kawasan hutan
c.       Pengaturan pembuangan sampah
d.      Betonisasi jalan, selokan dan halaman
e.       Pembuatan dan pengendalian

14.  Berikut yang bukan merupakan contoh-contoh upaya pencegahan polusi udara di daerah perkotaan adalah . . . . . .
a.       Membuang sampah pada tempatnya
b.      Memindahkan industri-industri di luar kota
c.        Mengatur jalan bypass untuk kendaraan-kendaraan berat
d.      Memasang cerobong-cerobong kendaraan dan membuat peredam suara mesin
e.       Memfungsikan jalur hijau

15.  Salah satu upayah untuk mencegahan pencemaran terhadap air sungai di daerah perkotaan antara lain seperti berikut, kecuali
a.       Membuang sampah pada tempatnya
b.      Memakai pestisida sesuai dosis yang dianjurkan
c.       Membuat taman di area sekitar aliran sungai
d.      Mendaur ulang limbah
e.       Membuat kantong limbah dan resapan bagi pembuangan limbah warga

Essay
1.      Sebutkan pengaruh lapisan ozon terhadap kehidupan manusia !
2.      Sebutkan program pengendalian intrusi air asin !
3.      Sebutkan dampak negatif globalisasi terhadap budaya Indonesia !
4.      Jelaskan usaha-usaha untuk peningkatan kualitas pendidikan !
5.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran makhluk hidup di permukaan bumi !



Jawaban pilihan ganda I
1.      C
2.      E
3.      A
4.      A
5.      C
6.      D
7.      C
8.      E
9.      D
10.  A
11.  A
12.  D
13.  D
14.  D
15.  B
16.  B
17.  D
18.  A
19.  C
20.  C
Pilihan ganda II
1.      D
2.      A
3.      E
4.      D
5.      A
6.      A
7.      B
8.      E
9.      B
10.  E
11.  A
12.  A
13.  D
14.  C
15.  B

Jawaban essay

1.      Pengaruh ozon terhadap manusia adalah :
·         Ketika sinar ultraviolet mengenai lapisan ozon, maka sebagian besar akan terserap. Hanya sebagian kecil saja yang akan sampai kepermukaan bumi
·         Kalau sinar ultraviolet terlalu banyak jatuh kepermukaan bumi, maka akan membahayakan makhluk hidup bahkan akan menimbulkan kematian.
·         Kalau lapisan ozon tidak ada maka sinar ultraviolet sebagian besar akan sampai kepermukaan bumi akibatnya dipermukaan bumi tidak aka nada kehidupan

2.      program pengendalian intrusi air asin
·         mengendalikan tingkat pemompaan air tanah
·         menambah masukan air tanah dengan mempernbanyak tumbuhan dan sumur resapan
·         mengendalikan perluasan pemukiman perkotaan
·         melindungi daerah resapan atau daerah tangkapan hujan (recharge area)
·         member prioritas pelayanan perusahaan air minum (PAM) di daerah  yang memiliki defisit air tawar.

3.      Dampak negative globalisasi bagi budaya Indonesia :
·         Terjadinya penggoncangan budaya bangsa akibat informasi penonjolan budaya asing
·         Terjadinya ketidak seimbangan budaya masyarakat maju di kota-kota dengan masyarakat di daerah terpencil
·         Memperkecil unsure-unsur kebudayaan asli diindonesia karena ada desakan budaya asing
·         Masyarakat cenderung disiplin pribadi atau disiplin kelompok


4.      Usaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan :
·         Mengajarkan tentang ilmu dan teknologi yang berhubungan dengan permasalahan/isu lingkungan global
·         Menyusun kesatuan materi ajar yang terkait dengan ilmu teknologi kemasyarakatan
·         Melakukan pendekatan terintegrasi untuk pembelajaran isu lingkungan
·         Melibatkan dukungan publik dalam melaksanakan kegiatan studi mengenai lingkungan

5.      faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran makhluk hidup di permukaan bumi
·         perbedaan iklim (klimatik), suhu, curah hujan, kelembaban dan angin
·         keadaan tanah (edafik), humus tanah, ukuran butir tanah (tekstur), tingkat kegemburan, mineral hara (mineral organik), air tanah dan kandungan udara
·         tinggi rendahnya permukaan bumi (relief) mempengaruhi pola penyinaran matahari (disebut juga factor fisiografi)
·         tindakan manusia (factor biotik) mengubah bentangan alam yang sudah ada. Misalnya tanah tandus menjadi daerah hutan, hutan menjadi daerah pertanian dan dengan kemajuan tegnologi modern manusia mampu melestarikan kehidupan tumbuhan dan hewan.



5 komentar: